Cara Mengatasi Bayi 6 Bulan Susah Buang Air Besar / BAB

Masyamsu.com  - Apabila anda mempunyai seorang bayi berusia kurang lebih 6 bulan yang susah buang air besar / BAB, maka hal ini tidak bisa di anggap remeh.

Kenapa bayi bisa kesulitan dalam buang air besar ? Apa penyebabnya ? Disini saya akan menjabarkan untuk mengatasi bayi yang susah bab di usia 6 bulan.

Hal ini memang banyak bayi yang mengalaminya, karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna akan mengalami gangguan pencernaan. Seperti halnya susah dalam buang air besar / konstipasi ini.

Ada beberapa tanda tanda dimana bayi sedang mengalami konstipasi / susah bab, di antaranya :

1. Saat buang air besar bayi terlihat mengalami kesakitan
2. Bentuk kotoran lebih keras
3. Di sertai darah pada kotoran
4. Perut sang bayi sakit saat di sentuh
5. Bayi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu

Nah bagi ibuk ibuk, hal ini sangat penting, anda harus memperhatikan bayi anda. Apabila bayi anda mengalami hal hal di atas, bisa jadi bayi anda mengalami konstipasi.

Ada beberapa hal yang mungkin saja bisa terjadi yang mengakibatkan bayi anda susah melakukan bab. Hal hal tersebut meliputi :

1. Bayi anda mengalami dehidrasi / kekurangan cairan
2. Peralihan dari ASI ke susu instan
3. Makanan yang padat
4. Gangguan sejak lahir pada sistem pencernaan

Nah disini saya sarankan buat anda yang sudah merawat bayi, agar lebih berhati hati, dan fokus untuk lebih memperhatikannya. Lakukan hal berikut untuk mengatasi kalau bayi anda mengalami konstipasi tersebut :

1. Pijat secara halus pada bagian perut bawah pusar agar bayi tak merasakan kesakitan, gunakan minyak telon / minyak kayu putih
2. Ajak lebih aktif lagi bayi anda untuk bergerak biar kotoran tidak menggumpal
3. Perhatikan dalam memberi ASI, jangan sampai telat
4. Mandikan bayi dengan air hangat, jangan keseringan pakek air dingin

Nah mungkin itu cara yang bisa anda lakukan pada bayi yang mengalami sembelit / susah bab. Jangan asal memberi obat, tanyakan atau berkonsultasi dulu dengan dokter anak.